Iklan

Wednesday, 2 January 2013

Tips Tentang SEO Saran Google

07:48

Kalau dipikir-pikir agak aneh juga, sebagai search engine, Google mengeluarkan dokumen resmi yang berisi Tips SEO, Tapi gak palah mungkin untuk kebaikan juga... he he. Berikut ini beberapa tips SEO yang ada pada artikel Google tersebut

1. Membuat judul unik dan akurat

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, judul karangan boleh dibuat menggelitik agar menarik pembaca. Misalnya sebuah cerpen percintaan dapat diberi judul "bunga sakura”, meskipun dari awal tidak dibahas mengenai bunga sakura ternyata di akhir cerita menggambarkan sepasang kekasih yang bertemu di bawah pohon sakura.
Dalam pandangan SEO, judul "bunga sakura” tepat jika artikelnya membahas tentang bunga sakura, misalnya wujud, jenis, atau cara menanamnya.

Saran Google:

  • Membuat judul yang akurat, unik, dan berbeda-beda untuk setiap halaman.
  • Membuat judul yang singkat tetapi jelas.
  • Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:
  • Judul default seperti ‘Untitled’ atau nama perusahaan untuk semua halaman (jika nama perusahaan hanya homepage saja tak masalah).
  • Judul terlalu panjang.
  • Menambahkan keyword yang tak diperlukan dalam judul secara berlebihan.
2. Menggunakan meta description

Jika Anda terbiasa mengedit HTML, Anda dapat memberikan kata-kata yang sesuai untuk meta description. Pada sebagian direktori bahkan tidak mengindeks halaman, hanya meta description dan meta keywordnya saja yang masuk ke dalam database mereka.
Saran Google:

  • Membuat meta description yang akurat menggambarkan isinya.
  • Membuat meta description yang berbeda-beda untuk setiap halaman.
  • Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:
  • Membuat meta description yang tak ada hubungannya dengan isi.
  • Membuat meta description hanya berisi keyword (bukan kalimat).
  • Meta description terlalu umum.
  • Copy-paste isi halaman ke dalam meta description.
  • Membuat meta description yang sama untuk semua halaman atau sebagian halaman.

3. Membuat URL yang baik

Sama seperti yang sudah dibahas di atas, yaitu keyword dalam URL akan turut menentukan posisi halaman tersebut dalam search engine. Misalnya Anda membuat artikel mengenai bunga sakura, lebih baik menggunakan URL:
http://web-anda.com/bunga-sakura/
daripada
http://web-anda.com/p?12
URL akan muncul dalam hasil pencarian (SERP) dan sering digunakan orang sebagai teks link yang mengarah ke halaman tersebut.
Saran Google:


  • Menggunakan URL berupa kata atau kalimat.
  • Membuat struktur direktori (seperti folder dalam windows) sederhana.
  • Satu halaman hanya memiliki satu URL.
  • Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:
  • URL terlalu panjang, terlalu umum, atau terlalu banyak mengulang kata kunci.
  • Membuat struktur direktori yang kompleks atau tak ada hubungannya dengan isi.
  • Mencampur-adukkan URL, kadang dengan awalan www, kadang tanpa www. Kadang dengan akhiran "/”, kadang tidak. Sebaiknya konsisten.
  • Menggunakan perpaduan huruf besar dan kecil, sebaiknya hanya huruf kecil.

4. Membuat navigasi situs mudah dan sederhana


Google menyarankan situs dibuat dengan navigasi yang sederhana dari umum ke spesifik. Misalnya pada halaman utama ada "profil perusahaan”, di dalam halaman "profil perusahaan” ada link ke "bidang usaha”, "AD/ART”, "manajemen”, dsb. Di dalam halaman "bidang usaha” ada link ke "off air”, "on air”, dsb.


Saran Google:


  • Membuat hirarki navigasi yang simple dan natural.
  • Menggunakan link berupa teks dalam navigasi.
  • Menggunakan teks yang menyatakan posisi pengunjung sedang dimana (breadcumb), yang memungkinkan pengunjung dapat dengan mudah menuju ke level yang lebih tinggi, misalnya ditampilkan saat ini pengunjung sedang berada di: profil perusahaan > bidang usaha > off air
  • Membuat sebuah HTML sitemap, yaitu sebuah halaman yang di dalamnya terdapat link ke semua halaman atau halaman-halaman penting dalam situs Anda.
  • Pertimbangkan jika sebagian URL dihilangkan. Misalnya link ke artikel ini: pertimbangkan apakah link tersebut valid jika link-nya dipotong menjadi http://www.ajibintara.com/2012/12/
  • Membuat halaman 404 yang berguna. Halaman 404 adalah halaman yang ditunjukkan saat pengunjung mengklik atau menulis URL sebuah halaman yang tidak ada di dalam situs Anda. Halaman 404 dapat berisi link ke homepage atau link ke artikel atau halaman yang populer di web Anda.
Kesalahan umum yang harus dihindari dalam SEO:

  • Membuat navigasi yang sangat kompleks, misalnya semua halaman saling berkaitan.
  • Membuat halaman yang terlalu dalam, halaman tersebut hanya dapat dibuka dengan berkali-kali klik dan membuka halaman lain yang sangat banyak terlebih dahulu.
  • Menggunakan banyak gambar dan animasi untuk link (sebaiknya teks).
  • HTML sitemap mengandung link yang tidak valid atau tidak terorganisir dengan baik.
  • Membiarkan halaman 404 terindeks search engine, hanya pesan singkat "Not Found” atau "Error 404″ tanpa penjelasan, dan menggunakan design yang tak konsisten misalnya hanya halaman putih.



Thanks for reading Tips Tentang SEO Saran Google

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © Blog'e Aji Bintara. All rights reserved. Template by CB Blogger